Kenali Berbagai Macam Fungsi Dari Gelang Rumah Sakit


Jika Anda dirawat di rumah sakit, rumah sakit akan memberi pasien gelang untuk dipakai. Mereka memiliki warna yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda. Standar sistem kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pasien.

Kenali fungsi gelang pasien

Gelang pasien merupakan media untuk memberikan informasi secara cepat tentang kondisi medis pasien kepada tenaga medis. Di beberapa rumah sakit atau di beberapa negara, gelang pasien dibuat dengan warna berbeda untuk menunjukkan tingkat kewaspadaan yang perlu diatur. Selain itu, ada fungsi lain dari gelang pasien ini:

Identifikasi yang Akurat

Gelang pasien berisi data dan informasi akurat tentang pasien dan kondisi medisnya. Semua data pasien medis hanya dapat dilihat dengan memindai barcode. Selain itu, nama lengkap, tanggal lahir dan informasi lainnya juga tertera pada gelang medis tersebut.

Hemat waktu

Scanning barcode adalah cara paling praktis untuk urusan administrasi di rumah sakit. Juga, jika perlu, tanyakan riwayat kesehatan pasien.

Keselamatan Pasien

Fungsi utama gelang pasien adalah keselamatan. Risiko salah transfusi, salah pemberian obat, salah prosedur medis dan kesalahan berbahaya lainnya dapat dihindari.

Pengambilan Keputusan

Saat berkomunikasi dengan pasien tidak memungkinkan, gelang ini dapat membantu pengambilan keputusan. Misalnya, jika pasien tidak sadar, informasi medis dari gelang dapat digunakan sebagai dasar untuk mempertimbangkan apakah obat harus diberikan agar tidak salah.

Meningkatkan kepercayaan pasien dan keluarga

Keberadaan gelang plastik juga meningkatkan kepercayaan pasien dan keluarganya untuk mencegah penyalahgunaan. Penggunaan gelang untuk pasien di rumah sakit telah ada selama beberapa dekade. Prosedur ini masih digunakan sampai sekarang karena sangat berguna dalam mengurangi risiko kesalahan dalam manajemen pasien.

Risiko pasien tanpa identifikasi

Tidak main-main, resiko jika pasien di rumah sakit tidak memiliki KTP sangat berbahaya. Menurut Komisi Gabungan untuk Akreditasi Organisasi Rumah Sakit (JCAGO), kesalahan dalam identifikasi pasien bertanggung jawab atas 13% masalah bedah dan 65% masalah transfusi darah di Amerika Serikat. Informasi lebih lanjut dapat dimasukkan dalam gelang pasien. Secara umum, semua informasi dirangkum dalam barcode yang terintegrasi dengan sistem rumah sakit.

Karena semua data disimpan dalam barcode, penting untuk memastikan bahwa semua data terlindungi dengan baik dan tidak dapat diretas. Hingga saat ini gelang medis menjadi solusi paling efektif untuk menjamin keselamatan pasien dalam hal pemberian obat, riwayat kesehatan dan prosedur yang akan digunakan.

Tulisan ini dipublikasikan di Info Terkini dan tag , , . Tandai permalink.