Apakah Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Telur Puyuh?


Sebenarnya tidak ada pantangan makanan bagi ibu hamil selama dimasak dengan benar dan prosesnya higienis. Makan telur puyuh untuk ibu hamil boleh saja, bisa menjadi sumber protein yang tinggi.

Ada satu syarat. Ibu hamil sebaiknya makan telur puyuh yang benar-benar matang. Pastikan kuning telur sudah matang dan tidak encer lagi sebelum disantap.

Aturan makan telur puyuh untuk ibu hamil

Jika Anda memberikan telur puyuh kepada ibu hamil, masaklah sampai matang sepenuhnya. Karena kebanyakan telur puyuh tidak dipasteurisasi. Proses pemanasan dapat membunuh bakteri berbahaya yang mungkin tertinggal di cangkang.

Untuk melihat apakah telur puyuh sudah matang sempurna atau belum, Anda bisa melihat bagian kuningnya. Idealnya, kuning telur yang dimasak dengan sempurna seharusnya tidak lagi terlihat encer.
Jika kuning telur masih terlihat encer atau basah, berarti belum matang sempurna.

Catatan penting lainnya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi telur puyuh adalah jika memiliki alergi. Biasanya penderita alergi telur ayam akan merasakan alergi yang mirip dengan telur puyuh. Jadi makan telur puyuh hanya di bawah pengawasan medis. Segera konsultasikan ke dokter jika terjadi reaksi alergi setelah konsumsi.

Bagaimana cara mengolah telur puyuh?

Seperti halnya telur ayam, ada berbagai cara untuk mengolah telur puyuh. Salah satu cara termudah untuk mengolah telur puyuh adalah dengan memasaknya. Setelah matang, dapat dikonsumsi sebagai camilan, lauk campuran, atau ditambahkan ke salad.

Mengkonsumsi telur puyuh untuk ibu hamil juga sangat baik untuk perkembangan otak janin. Tidak mengandung lemak jenuh dan kandungan kolesterolnya juga kolesterol baik.

Sebelum mengolah telur puyuh, Anda juga perlu memastikan kualitasnya benar-benar bagus. Hindari telur puyuh yang berbau tidak sedap atau memiliki bintik-bintik coklat pada kuningnya. Selain itu, sebaiknya hindari telur puyuh yang sudah melewati masa pakainya, karena kualitasnya pasti akan menurun.

Bahaya telur puyuh mentah

Bagi ibu hamil dan mereka yang memiliki masalah kekebalan, mengkonsumsi telur puyuh mentah dapat menyebabkan keracunan.

Selain itu, takaran untuk makan telur puyuh setiap hari tidak lebih dari 3-4 butir telur. Namun, bukan berarti dapat dikonsumsi setiap hari tanpa membahayakan, karena harus ada variasi dengan sumber protein lain.

Tulisan ini dipublikasikan di Info Terkini dan tag , , . Tandai permalink.