Mengenal Jenis Sunat Stapler Yang Cukup Unik


Sunat terdiri dari beberapa metode. Salah satu metode khitanan yang bisa dilakukan adalah khitanan dengan stapler. Metode ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode sunat lain. Apa itu? Tinjau informasi berikut.

Apa itu Sunat Stapler?

Sunat stapler adalah salah satu dari sejumlah metode sunat modern yang menggunakan alat yang disebut “penjepit”. Stapler berbentuk seperti pistol dan bagian yang terlihat seperti lonceng (disebut acorn bell).

Keuntungan sunat stapler dibandingkan metode sunat lainnya

Dunia medis terus berkembang dan berinovasi, termasuk prosedur medis seperti sunat. Sunat stapler adalah salah satu inovasi tersebut. Cara ini sebenarnya dirancang oleh para ahli dengan tujuan agar sunat tidak lagi ‘menakutkan’, terutama bagi anak-anak. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak dan orang dewasa tidak lagi enggan untuk melakukan sunat, mengingat manfaat sunat yang sangat besar bagi kesehatan. Inilah keuntungannya:

Sakitnya lebih ringan

Keuntungan dari sunat stapler adalah tidak terlalu menyakitkan, baik selama dan setelah prosedur. Ini bahkan dikonfirmasi dalam sebuah studi tahun 2015.

Pemulihan lebih cepat

Proses penyembuhan sunat dasar dikatakan lebih cepat dibandingkan metode sunat lainnya. Pada umumnya luka khitan pada anak laki-laki dan laki-laki yang disunat dengan stapler sembuh dalam waktu 12 hari.

Komplikasi

Lebih sedikit komplikasi, seperti pendarahan dan pembengkakan penis, adalah manfaat lain yang bisa diperoleh dari sunat stapler, bahkan jika dibandingkan dengan metode sunat laser atau penjepit. Hal ini juga didukung oleh sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Asian Journal of Andrology. Studi setuju bahwa staples dapat meminimalkan komplikasi setelah sunat, seperti pembengkakan (edema) dan pendarahan.

Prosedur sunat stapler

Mengingat manfaat yang dimilikinya, stapler sunat bisa menjadi pilihan Anda saat ingin anak Anda atau bahkan diri Anda sendiri disunat. Berikut ini adalah informasi tentang metode stapler sunat yang harus Anda ketahui sebelumnya. Dokter wajib menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan prosedur medis ini, mulai dari manfaat, prosedur, tahapan penyembuhan luka sunat, efek samping, hingga tips pengobatan selama masa pemulihan.

Tulisan ini dipublikasikan di Info Terkini dan tag , , . Tandai permalink.