Cara Yang Tepat Menurunkan Demam Pada Anak


Setiap orang tua umumnya memiliki pengalaman anak demam. Tak sedikit orang tua yang panik saat anaknya demam. Untuk memastikannya bisa segera diobati, pelajari beberapa cara alami menurunkan demam pada anak yang bisa Anda lakukan di rumah.

Bagaimana cara menurunkan demam pada anak di rumah?

Berikut beberapa cara alami mengatasi demam tinggi di rumah yang bisa dicoba orang tua.

Minta anak Anda banyak minum

Salah satu cara menurunkan demam di panti asuhan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memastikan kebutuhan cairan mereka selalu terpenuhi.

Namun, membuat anak-anak minum air terkadang bisa menjadi tantangan. Karena itu, Anda bisa memilih cairan lain yang bisa lebih menarik perhatian. Cara meredakan panas pada anak dapat memastikan kecukupan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi saat demam.

Istirahat total

Istirahat total merupakan salah satu cara mengatasi demam pada anak yang dianggap efektif. Terkadang anak tidak bisa duduk diam saat demam. Bahkan, mereka disarankan untuk beristirahat hingga demamnya mereda.

Jika anak Anda tidak mau istirahat, cobalah membacakan cerita untuknya di tempat tidur agar ia bisa beristirahat dengan baik. Cara mengatasi demam pada anak dapat membantu tubuh si kecil cepat pulih.

Mandi air hangat

Mandi air hangat dianggap sebagai cara yang sangat efektif untuk mengobati demam pada anak. Karena air hangat diduga dapat menurunkan demam. Di sisi lain, air dingin justru bisa membuat tubuh anak lebih hangat.

Minum air jahe

Cara tradisional mengatasi anak panas yang bisa dicoba adalah dengan minum jahe. Jika Anda dapat membuatnya di rumah sendiri, Anda bisa memotong jahe dan merebusnya untuk teh.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua anak menyukai rasa jahe. Selain itu, jangan terlalu banyak memberikan jahe karena dapat menyebabkan mulas.

Kompres hangat

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kompres hangat merupakan cara yang efektif untuk menurunkan demam pada balita. Coba remas ketiak dan selangkangan Anda selama 10-15 menit agar panas bisa keluar melalui pori-pori Anda.

Minum Obat Penurun Demam

Jika tubuh anak hangat, Anda bisa memberikan obat penurun demam. Obat penurun demam ini, dikutip dari Very Well Health, dikenal sebagai antipiretik.

Ada banyak antipiretik yang bisa Anda beli di apotek, seperti parasetamol. Tapi ingat, jika anak Anda berusia di bawah 3 bulan, jangan berikan obat apapun sampai Anda mendapat persetujuan dokter.

Juga, hindari mengonsumsi aspirin pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kondisi medis mematikan yang disebut sindrom Reye.

Tulisan ini dipublikasikan di Info Terkini dan tag , , . Tandai permalink.