Mengenal Manfaat Dari Pose Yoga Pigeon Atau Merpati


Pigeon yoga pose atau yang juga dikenal dengan Kapotasana merupakan salah satu gerakan yoga yang dapat membantu meningkatkan kelenturan, terutama di area pinggang, dan meredakan nyeri punggung. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui teknik yang benar. Karena meski tubuh lentur, teknik yang salah tetap berisiko menimbulkan cedera. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang pose yoga merpati.

Manfaat Pose Yoga Merpati

Pose merpati memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yaitu:

  • Membuka sendi panggul sehingga tubuh lebih lentur dan mudah digerakkan
  • Meregangkan otot pinggang dan punggung bawah yang sering tegang saat duduk lama
  • Membantu meredakan nyeri punggung bawah dan pinggang
  • Pencernaan yang Sehat

Secara tradisional dipercaya untuk menghilangkan stres, kesedihan dan kecemasan. Namun, belum banyak penelitian ilmiah yang dilakukan mengenai hal ini.

Kesalahan yang harus dihindari saat melakukan pigeon pose yoga

Ada dua kesalahan yang paling sering terjadi saat melakukan pose ini, yaitu:

Posisi kaki yang terlipat tidak netral

Kaki yang ditekuk harus dalam posisi netral, tetapi banyak orang menempatkannya menghadap ke depan. Untuk memperbaiki posisi ini, tekuk jari-jari kaki ke dalam dan angkat paha saat menyesuaikan pinggang agar tetap lurus ke depan. Jika posisi kaki salah, posisi paha dan pinggul biasanya akan salah juga.

Posisi pinggul yang salah

Saat melakukan pose pigeon yoga, posisi pinggul harus menghadap ke depan dan tidak ke bawah atau miring. Kebanyakan pemula masih membuat kesalahan dengan membawa pinggul mereka ke matras. Untuk menghindarinya, gunakan bantal atau selimut yang dilipat agar pinggul Anda tidak bergeser atau jatuh ke matras.

Untuk siapa tidak disarankan melakukan yoga merpati?

Bagi Anda yang memiliki kondisi kronis pada pinggang, lutut, dan punggung bagian bawah, sebaiknya hindari melakukan pose pigeon yoga karena dikhawatirkan akan memperparah cedera. Yoga dengan gerakan ini bisa dilakukan untuk penderita kondisi sendi kronis, jika dianjurkan oleh dokter.
Orang yang sedang hamil dan mengalami luka ringan sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan latihan ini.

Pose yoga merpati membutuhkan fleksibilitas. Jadi bagi Anda yang belum terbiasa, tidak ada salahnya menggunakan penyangga agar posisi tubuh bisa sempurna dan risiko cedera berkurang. Selain itu, disarankan untuk berlatih dengan instruktur yoga yang berpengalaman, sehingga postur tubuh yang salah dapat diperbaiki lebih cepat dan risiko cedera dapat dikurangi.

Tulisan ini dipublikasikan di Info Terkini dan tag , , . Tandai permalink.